Friday, July 10, 2015

Salah Perawatan? Kenali Dulu Jenis Kulitmu




Kenali Jenis Kulit
Kecantikan merupakan hal yang sangat didambakan oleh setiap perempuan. Bagi perempuan kulit menjadi perhatian penting dan menunjang penampilan. Bila kita membahas mengenai kecantikan maka kaitannya dengan kulit.  Secantik apapun perempuan jika memiliki masalah kulit atau memiliki kulit yang tidak sehat bahkan kulit rusak, pesonanya menjadi berkurang. Mungkin begitu pun bagi kaum laki-laki yang peduli akan penampilan diri. 

Sebelum melakukan perawatan sebaiknya harus kenali jenis kulit kamu dan masalah yang dihadapi. Hal ini penting dilakukan agar kamu tidak salah memilih perawatan yang malah merusak kulitmu. Jangan sampai perawatan kulit wajah yang kamu lakukan memperburuk keadaanmu.  Berapa jenis masalah kulit yang kamu ketahui? Secara umum yang kita tahu ada empat jenis kulit diantaranya, kulit kering, kulit berminyak, kulit kombinasi dan kulit sensitif.


1. Kulit kering

Masalah ini mungkin tidak asing lagi bagi kaum perempuan atau laki-laki. Kulit kering menjadi masalah yang mengganggu jika dibiarkan. Biasanya kulit kering memilikin beberapa ciri seperti keriput, kusam dan kulit mudah terkelupas.  Penyebabnya bisa jadi karena kamu kurang minum sehingga kulit tampak dehidrasi karena produksi minyak berkurang. Selain itu juga karena seperti cuaca yang panas dan lingkungan yang berdebu, serta kurangnya asupan vitamin A atau b dari buah-buahan. Bagi kamu yang memiliki masalah kulit kering perawatan yang sebaiknya kamu menggunakan pelembab wajah, pilihlah pelembab wajah yang berbahan dasar air agar tidak menimbulkan masalah kulit lainya. 

2. Kulit Berminyak 

Ada banyak faktor penyebab kulitberminyak seperti pola makan yang tidak sehat seperti terlalu sering makan makanan pedas, serta faktor lingkungan yang tidak sehat. Biasanya kulit berminyak memiliki pori-pori membesar dan berisiko timbulnya komedo dan jerawat, serta kulit tampak mengkilat seperti kaca. Bagi kamu yang memiliki masalah kulit berminyak sebaiknya cuci wajah 3 kali sehari, hati-hati terlalu sering mencuci wajah membuat wajahmu malah menjadi kering. Lakukanlah perawatan alami seperti menggunakan masker yang terbuat dari buah-buahan. Pilihlah buah yang dapat mengurangi produksi minyak di wajahmu. 

3. Kulit kombinasi
Gaes, biasanya masalah kulit kombinasi adalah perpaduan antara masalah kulit kering dan berminyak. Hal ini terjadi karena produksi minyak pada wajahmu tidak merata, seperti pada bagian-bagian tertentu yang kering sedang bagian lainnya berminyak. Jika kamu memiliki masalah kulit jenis ini harus selektif dan pandai memilih produk kosmetik. Banyak produk yang sudah memiliki manfaat atau kegunaan sekaligus dalam menangani masalah kulit kombinasi. Tapi jika kamu tidak merasa yakin, kamu harus melakukan perawatan berbeda pada setiap bagian wajahmu. Misalkan menggunakan krim pelembab untuk bagian kulit yang kering dan perawatan lain untuk kulit berminyak. 

4. Kulit Sensitif

Masalah kulit sensitif memiliki banyak tipe, ada masalah kulit yang sensitif karena debu, masalah kulit sensitif karena terkena sinar matahari sehingga seperti terbakar. Serta kulit sensitif karena tidak cocok menggunakan produk kecantikan tertentu. Kulit sensitif biasanya ditandai dengan bintik kemerah-merahan atau wajah seperti terbakar saat terkena paparan sinar matahari dan ketika perubahan suhu bisa tampak pucat. Bila demikian maka kamu akan merasakan panas, perih, bengkak, bahkan bisa juga terasa gatal di area kulit wajah. Untuk mengatasi masalah ini kamu harus eksra hati-hati, lebih baik kamu konsultasi terlebih dahulu pada dokter spesialis kulit sebelum melakukan perawatan.

Gaes, biasanya kulit yang sehat atau normal memiliki ciri-ciri seperti, memiliki tekstur yang lembut, elastisitas kulit terjaga, pori-pori tidak terlihat, memiliki warna yang cerah, tidak kusam serta tampak segar meski tanpa penggunaan kosmetik. Bagi kamu yang memiliki kulit normal, tak perlu khawatir dalam penggunaan produk kecantikan karena biasanya mudah dalam mengaplikasikannya. Namun tetaplah untuk selektif dalam memilih produk kecantikan, jangan sampai menggunakan produk dengan kandungan bahan berbahaya, atau memiliki pH keras yang akan merusak acid mantle kulit. 

Dari keempat jenis kulit tersebut, kulit wajahmu termasuk jenis yang mana? bila sudah mengenali jenis kulitmu maka kamu tidak akan salah dalam memilih produk perawatan yang akan  digunakan.  Sampai jumpa di artikel selanjutnya gaes.