Friday, July 10, 2015

Awet Muda Itu Pilihan, Ini 10 Tips Agar Awet Muda



awet muda
Siapa yang tak ingin memiliki wajah yang selalu terlihat muda meski usia tebilang hampir setengah abad.  Ada sebuah quote yang berbunyi “Tua itu pasti, awet muda itu pilihan”. Tandanya jika kamu ingin terlihat awet muda, lakukanlah hal-hal yang membuat kamu selalu muda seperti perawatan kecantikan secara alami dan menjalani pola hidup sehat. Banyak perempuan melakukan perawatan ke dokter kecantikan demi mendapatkan wajah cantik dan awet mudah hingga merogoh kocek yang cukup tinggi. Namun sebenarnya kamu juga bisa mengantisipasi dengan beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada artikel sebelumnya kita membahas manfaat senyum yang ternyata bisa membuat kamu terlihat lebih muda. Artikel  kali ini akan kita membahas beberapa tips agar awet muda. Mungkin beberapa tips diantanya biasa kamu lakukan, hanya saja kamu belum menyadari manfaatnya. Berikut merupakan beberapa tips agar awet muda;

1.       Istirahat atau Tidur yang Cukup

Waktu istirahat atau tidur yang tidak cukup bukan hanya menyebabkan tubuhmu lemas dan semangatmu menurun, kurang tidur juga bisa membuat kulit wajah kamu terlihat kusam dan menyebabkan timbulnya keriput, apalagi di bawah area mata sehingga menyebabkan kamu memiliki mata panda. Jika begitu maka kamu akan tampak terlihat lebih tua. Selain itu, kurang tidur atau bergadang juga membuat tubuh kamu berisiko terserang penyakit serius seperti paru-paru, diabetes, hipertensi, obesitas dan sebagainya. Tidur malam memberikan tubuh kamu waktu untuk beristirahat dan memperbaiki otot-otot tegang setelah beraktivitas seharian. Biasanya waktu tidur yang cukup  ialah 7-8 jam dalam sehari. Tapi jangan biarkan kamu terlelap dengan otak yang masih aktif bekerja dan stress memikirkan suatu hal,  karena akan membuat kamu merasa lelah setelah bangun di pagi hari. 

2.       Memperhatikan Kebersihan dan Kesehatan Wajah

Setelah sibuk beraktivitas di luar rumah, sudah pasti wajahmu tampak lelah dan banyak kotoran yang menempel. Gaes, menjaga kebersihan wajah merupakan salah satu tips awet muda. Gunakanlah pembersih wajah yang cocok serta memiliki pH yang sesuai dengan kulit wajah kamu. Mencuci wajah membuat kamu terhindar dari masalah jerawat dan masalah kulit lainnya. Terkadang kita mencuci wajah tanpa tahu teknik yang benar. Cobalah mencuci wajah dengan membasuh dari bawah ke atas bukan dari atas ke bawah. Hal ini agar kulit wajah kamu tampak kencang, bukan kendur karena kebiasaan mencuci wajah dengan teknik yang salah. Selain itu, menjaga kesehatan kulit wajah sangatlah penting,  agar kulit wajah kamu tetap elastis dan mulus. Cobalah gunakan krim malam atau pelembab wajah yang terbuat dari bahan alami dan aman. 

3.       Kebiasaan Mencuci Tangan 

Selain menjaga kebersihan wajah, kamu juga harus menjaga kebersihan telapak tangan. Jangan biarkan bakteri yang bersarang di sela-sela jari tanganmu berpindah ke wajah. Apalagi selama beraktivitas sudah pasti kamu menyentuh benda atau tempat yang  penuh bakteri. Bakteri itu bukan hanya akan menempel ke wajah, tapi juga akan masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang kamu makan. Terapkanlah kebiasaan mencuci tangan demi kesehatan. Jika tubuh kamu sehat makan kamu akan kuat dan tampak awet muda.

4.       Pakai Masker Alami

Mencuci dan menjaga kebersihan wajah tidaklah cukup. Selain melakukan perawatan dengan krim malam atau pelembab, kamu juga harus memanjakan kulit wajah dengan memakai masker alami buatan tangan sendiri. Gunakanlah masker alami 2 kali dalam seminggu sebelum tidur malam, selama 30 menit. Masker wajah ini akan melembabkan kulit wajah serta meregenerasi sel-sel kulit yang mati, sehingga kamu terlihat awet muda.  Masker alami bisa kamu buat dari buah atau sayur seperti alpukat, tomat, mentimun, lemon, pisang, kulit manggis dan lainnya.

5.       Minum Air Putih

Minuman yang memiliki rasa seperti soft drink, kopi, atau lainnya memang lebih menarik ketimbang air putih. Tapi itu hanya menarik sampai di lidah saja, jika sudah sampai dalam perut justru akan menyebabkan penyakit. Air putih nyata lebih bermanfaat bagi kesehatan tubuhmu. Bukan hanya mencegah dehisdrasi, minum air putih yang cukup juga bisa menjaga kelembaban dan elastisitas kulit. Kekurangan cairan dalam tubuh bisa menyebabkan kulit kamu keriput. Maka usahakan untuk minum air putih 1 ½ liter setiap hari. Kandungan mineral, oksigen dan hidrogen pada air putih mampu melancarkan peredaran darah serta membuang kotoran melalui keringat.

6.       Berolah raga

Tips awet muda selanjutnya adalah beolah raga agar tubuh kamu selalu bugar dan sehat. Jika kamu terlalu sibuk sehingga tidak memiliki waktu khusus untuk pergi ke tempat gym maka sempatkan setidaknya satu jam untuk berolah raga di rumah. Kamu cukup melakukan pemanasan dan gerakan-gerakan kecil  yang mampu kamu lakukan. Tujuannya agar jantung berkerja dengan baik serta tubuh dibiasakan untuk terus bergerak atau aktif sehingga terasa ringan ketika melakukan aktivitas apa pun.

7.       Asupan Makan Bergizi

 Gaes menjaga kesehatan bukan hanya yang tampak dari luar saja, bagian dalam tubuh kamu juga perlu dijaga dengan banyak mengkonsumsi makanan bergizi atau sehat. Hal ini juga baik dalam menjaga sistem percernaan tubuh kamu. Jika penampilan dari luar kamu tampak muda maka perlu juga penunjang dari kesehatan dalam tubuh kamu. Cobalah untuk membiasakan makan makanan yang memiliki serat baik itu dari buah dan sayur. Beberapa makanan yang membuat awet muda seperti gandum, ikan salmon, daging sapi, susu kedelai, kacang almon dan sebagainya.

8.       Selalu Berpikir Positif

 Berpikir negatif dan stress. Inilah yang menjadi alasan kamu tampak lebih tua dari usia sebenarnya.  Biasanya seiring bertambah usia manusia semakin banyak yang dipikirkan, tentang tuntutan hidup dan sebaginnya. Kemudian timbullah stress, jika sejak usia dini terbiasa menghadapi masalah dengan selalu berpikir positif maka tidak berdampak serius. Apabila kamu tidak bisa mengontrol emosi maka bisa mengubah diri menjadi sosok pemarah. Ingat gaes, sering marah bisa menimbulkan keriput pada kulit, ini juga bisa mempercepat wajahmu mangalami penuaan. Jika kamu ingin awet mukda maka cobalah untuk selalu berpikir positif, karena dengan begitu kamu bisa mengurangi rasa cemas dan memiliki hubungan dengan kesehatan fisik dan pikiran.

9.       Tidak Merokok dan Mengkonsumsi Alkohol

Tips yang satu ini mungkin sangat sulit bagi kamu yang sudah menjadi perokok aktif. Tapi jika kamu berpikir kesehatan lebih penting  dan memiliki niat kuat kamu pasti bisa menghindarinya. Bagi perokok dan yang biasa mengkonsumsi alkohol berisiko mengalami penyakit kronis. Banyak kandungan zat berbahaya dalam rokok dapat merusak jaringan atau urgan tubuh. Jika kamu ingin awet muda maka hindarilah dua benda ini sedari dini.

10.   Kasih Sayang 

Ini merupakan salah satu tips penting bagi kita. Sebagai makhluk sosial manusia tentu memerlukan interaksi dengan orang lain. Cobalah untuk selalu menebar kebaikan, kasih sayang terhadap orang-orang di lingkungan kamu. Jika kamu  bersikap baik kepada orang lain tentu orang lain pun akan merasa nyaman berada di dekatmu.  Hal inilah yang menjadikan kamu awet muda karena kamu bia senantiaa berbagi kisah dengan sahabat dan keluarga.


Bagimana gaes, kamu memilih cepat tua atau memilih awet muda? selamat mencoba beberapa tips yang sudah kita bahas dalam artikel kali ini.  Apa pun pilihanmu, cobalah untuk memaknai hidupmu agar lebih berarti.